ESGO, Jasa Ekspedisi Online Santri Asli Kajen


Jasa ekspedisi online bernama ESGO mendadak viral di masyarakat Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Pasalnya, baru beberapa hari berjalan, Esgo sudah mendapat respon hangat dari masyarakat khususnya santri Kajen Pati. Para santri yang sedang menjalani kehidupan new normal di lingkungan pesantren dan tidak bebas keluar masuk pondok dapat memanfaatkan jasa Esgo untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Esgo sendiri didirikan oleh Forum Komunikasi Pengasuh Pesantren Kajen & sekitarnya (FKPPK) yang terdiri dari lebih dari 60 pesantren di wilayah Kajen. Ekspedisi online tersebut diharapkan dapat membantu melayani kebutuhan santri sehari-hari dengan berbagai layanan seperti jasa antar makanan, belanja, ambil barang, jemput anak sekolah, kirim uang ke santri pondok, jasa antar surat dan fotocopy.

Esgo ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jasa ekspedisi yang sudah ada. Esgo dikelola oleh tim khusus dengan manajemen profesional dan mengedepankan pelayanan prima supaya pelanggan yang rata-rata dari kalangan santri dan pesantren dapat terlayani dengan baik. Produk layanan yang diberikan lebih beragam dan mengutamakan produk dan bidang usaha lokal desa Kajen dan sekitarnya.

Meski awalnya untuk memenuhi kebutuhan logistik pondok pesantren di Kajen, Esgo dalam pelaksanaannya dapat juga dimanfaatkan oleh masyarakat umum di wilayah Kajen Kecamaatan Margoyoso sehingga memiliki dampak positif yang lebih luas. Esgo juga membuka kerjasama seluas-luasnya dengan berbagai badan usaha baik kecil maupun menengah di sekitar Kajen supaya semua jenis usaha dapat dionlinekan.

Ada yang unik dari Esgo, meski teknis pemesanannya dilakukan secara online, perangkat yang digunakan Esgo cukup sederhana dan tidak menggunakan aplikasi canggih berbasis android. Esgo memanfaatkan sejumlah platform tak berbayar seperti platform-platform yang disediakan Google dan Facebook. Hal ini juga disampaikan oleh Koordinartor Utama Esgo, Isyrokh Fuaidi, bahwa ekspedisi ini memang didesain secara sederhana karena berbasis web sehingga cukup dibuka menggunakan browser di handphone dan customer mengisikan pesanannya secara online.

Pemanfaatan IT yang sederhana ini untuk melatih santri dan pemuda di Kajen bahwa untuk membantu kebutuhan masyarakat desa dan sekaligus menciptakan lapangan kerja baru, sumberdaya IT yang ada di sekitar dan bahkan cukup murah dapat dimanfaatkan dengan adanya kerjasama yang baik oleh semua pihak. Tren perilaku kehidupan masyarakat saat ini bukan lagi soal harga, tapi lebih pada tersedianya layanan prima, kecepatan, kenyamanan dan cara yang praktis.

Dengan Esgo dapat dipastikan akan membantu masyarakat dan pesantren di wilayah Kajen dalam pemenuhan kebutuhan secara mudah dan cepat. Cukup dengan memesan secara online dan singkat, kebutuhannya dapat segera dilayani.
Lebih baru Lebih lama