Bersama Pemdes Purwokerto Kayen, Mahasiswa KKN IPMAFA Selenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Desa


Mahasiswa KKN IPMAFA yang tergabung dalam kelompok ECHO menyelanggarakan kegiatan pelatihan IT sesuai kebutuhan pemerintahan desa yaitu pembekalan tentang Sistem Informasi Desa (SID), Senin, (22/8/22). Pelatihan diisi oleh Isyrokh Fuaidi, seorang dosen IPMAFA yang sekaligus juga aktivis pembangunan desa di Pati. Hadir dalam kegiatan itu semua perangkat desa dan didukung penuh Kepala Desa Purwokerto, Bapak Purtoyo.

Dalam sambutannya, Purtoyo berharap dengan adanya pelatihan ini akan membantu kualitas pelayanan desa kepada masyarakat khususnya dalam hal administrasi dan surat-menyurat. Sementara Isyrokh menyampaikan bahwa digitalilasi desa menjadi suatu keharusan karena sesuai perkembangan zaman, arus digitalisasi menyasar di semua aspek kehidupan, tak terkecuali pada tatakelola desa. Di desa ada Sistem Keuagan Desa, ada website desa, bahkan di beberapa desa sudah mulai menggalakkan layanan anjungan desa mandiri layaknya sebuah perusahaan. 

Tujuan dari penerapan sisten informasi desa adalah agar kinerja lembaga menjadi lebih efektif, efisien dan optimal. Layanan administrasi yang biasanya memakan waktu lama karena dilakukan secara manual menggunakan software MS Word, maka dengan SID akan dapat dilakukan lebih cepat karena petugas cukup menginput NIK warga dan keperluannya sehingga praktis pembuatan surat tidak lebih dari 5 menit.

Isyrokh juga menyampaikan bahwa SID juga akan membantu Pemdes dalam pengelolaan data desa sekaligus sebagai media sosialisasi kepada warga. Data yang berkaitan dengan masyarakat meliputi statistik penduduk dengan berbagai kategorinya akan mudah diketahui sehingga jika desa membuat suatu program akan dapat cepat dan tepat sasaran. Kategori ini seperti kelompok penerima bantuan, lansia, penerima kartu BPJS, anak-anak, profesi warga, dst, semua akan mudah diidentifikasi.








Lebih baru Lebih lama