Masudah Wakaf Foundation, Yayasan Sosial Peduli Difabel di Pati


Namanya Masudah Wakaf Foundation (MWF), sebuah yayasan yang bergerak dalam mengelola kursi roda untuk para difabel dan mereka yang berkebutuhan khusus. MWF berada di bawah Yayasan Wakaf Masudah Kajen yang aktif dalam kegiatan sosial untuk mengelola alat bantu difabel seperti kursi roda dan jagrak (wheelchair, walker dll). Barang-barang tersebut bukan untuk dikoleksi melainkan untuk dipinjamkan secara gratis kepada yang membutuhkan. MWF juga menerima bantuan dari siapa saja dalam bentuk wakaf kursi roda, tongkat ketiak, alat bantu jalan, dan sejenisnya yang tidak terpakai dan ingin diwakafkan. Tim MWF mengelola sebagai barang wakaf dan pahalanya akan selalu mengalir kepada pewakaf.

Gerakan peduli difabel ini pertama kali dimulai pada tanggal 13 April 2020 dimana kursiroda didistribusikan untuk dipinjamkan kepada masyarakat. Kemudian dalam perjalanannya MWF mendapat dukungan dari berbagai pihak dan pada 26 Oktober 2022, badan hukum dalam bentuk Yayasan resmi dibentuk dengan nama Yayasan Wakaf Masudah Kajen. Jumlah kursi roda secara bertahap semakin bertambah sehingga dapat membantu masyarakat yang lebih luas.

Informasi terkait layanan kursi roda yang diberikan dapat diakses melalui lama situs resminya yaitu www.kursirodagratis.org. Dari situsnya juga menunjukkan tatakelola yang terbuka dimana status kursi roda yang sudah terpinjam atau belum dapat dipantau secara online.  
Lebih baru Lebih lama