Mengenal Haul Syekh Ahmad Mutamakkin Kajen Pati


Haul Syekh Ahmad Mutamakkin atau yang biasa disebut Haul Mbah Mutamakkin adlah tradisi tahunan yang digelar rutin oleh masyarakat Kajen untuk mengenang Mbah Mutamakkin sebagai simbol dakwah di daerah santri tersebut. Haul Syekh Ahmad Mutamakkin dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram / Suro di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati.

Dalam peringatan itu terdapat rangkaian kegiatan yang positif dilakukan oleh masyarakat. Selain dalam bidang keagamaan yang berisi ragam kegiatan bernuansa religi sesuai citra desa Kajen sebagai desa santri, ada beberapa acara lain yang seperti hiburan dan perlombaan.

Untuk kegiatan keagamaan meliputi Tahtimul Qur’an Bin-Nadhor dan Bil-Ghoib, tahlil umum, burdahan, Sholawatan dan kegiatan buka dan lelang selambu di makam Syekh Ahmad Mutamakkin. Tahtimul Qur’an Bin-Nadhor merupakan pembacaan Quran sampai khatam (selesai) dengan cara membaca atau melihat, sedangkan ahtimul Qur’an Bil-Ghoib dilakukan secara haafalan oleh para huffadz (penghafal al'Quran.

Sedangkan kegiatan lain untuk memeriahkan rangkaian peringatan haul biasanya diselenggarakan kirab, jalan sehat, pertandingan voli, panjat pinang. Sebenarnya kegiatan-kegiatan tersebut fleksibel yang dapat berubah dalam setiap tahunnya. Masyarakat Kajen pun merasa bahwa haul adalah tradisi yang mirip dengan hari rayanya desa Kajen.

Tradisi Haul Syekh Ahmad Mutamakkin sudah berlangsung sejak lama. Selain menjadi bagian dari syiar agama, tradisi tersebut juga turut meningkatkan perekonomian warga sekitar, bahkan pedagang musiman dari luar daerah. Hal ini karena beberapa penduduk setempat biasanya memanfaatkan kegiatan tersebut untuk membuka jasa parkir, berjualan, sewa toilet umum, dll.
Lebih baru Lebih lama