Bawaslu Pati Serahkan Sertifikat Akreditasi Pada Lembaga Pemantau Pemilu Tingkat Daerah

Penyerahan sertifikat lembaga pemantau pemilu dari Bawaslu Pati kepada perwakilan lembaga pemantau Pemilu


Mediapati.com - Tahapan demi tahapan telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum dan lembaga-lemabaga terkait penyelenggaraan Pemilu 2024. Salah satu unsur Pemilu adalah adanya pemantau Pemilu yang menjadi pengontrol agar pemilu berjalan dengan baik. Bawaslu pun telah menyerahkan sertifikat akreditasi kepada lembaga pemantau pemilu di Kabupaten Pati, Rabu (4/1/2023).

Satu hal yang menarik adalah bahwa sampai berita ini diturunkan, Pati menjadi satu-satunya Kabupaten dengan pemantau pemilu yang mendapat sertifikat akreditasi tingkat daerah. Akreditasi bagi lembaga pemantau pemilu merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilu.

Ini berarti bahwa animo terkait adanya pemilu 2024 menjadi perhatian semua pihak khususnya masyarakat Kabupaten Pati Jawa Tengah. Tingginya animo masyarakat untuk menjadi bagian dari anggota pemantau pemilu juga menunjukkan kedewasaan politik.

Sampai saat ini terdapat delapan perwakilan yang mendaftarakan diri menjadi lembaga pamantau pemilu daerah Pati yaitu Persatuan Guru NU, Jaringan Pengawas Partisipatif Pati (JP3), Srikandi Pemantau Pemilu, Yayasan Jamiyyah Al Buhus wa An Nasyr, Yayasan Matahari Nusantara Bersinar, Yayasan Pengging Najahul Faruq, Gerakan Jalan Lurus dan Yayasan Nurul Ilmi Almuashir.

Lebih baru Lebih lama