Mengenal Perpustakaan Islam Digital


Perpustakaan Islam Digital (PID) adalah layanan pustaka Islam karya ulama-ulama klasik maupun kontemporer yang disajikan secara gratis bagi para pembaca. Silahkan mengunjunginya dengan alamat website: https://perpustakaanislamdigital.com/

Lahirnya Perpustakaan Islam Digital lahir untuk mempermudah masyarakat khususnya orang Muslim dalam mengkaji dan mempelajari Islam terutama bagi orang-orang dalam lingkungan pesantren seperti para santri, ustadz, dan alim ulama.

Pada dasarnya, PID ini tidak jauh berbeda dengan perpustakaan digital lain seperti Maktabah al-Syamilah, Maktabah al-Kubro, Maktabah al-Zahabiyyah, dan masih banyak yang lain. Sama halnya dengan maktabah lain, perpustakaan Islam digital memuat berbagai kitab mulai dari kitab klasik hingga kitab kontemporer. Selain itu, kategori kitab yang disediakan juga lumayan lengkap, ada kitab mengenai ulumul Quran, ulumul Hadits, aqidah, fiqih, usul fiqih, bahasa, akhlak dan tasawuf, dakwah, tarbiyah, sejarah, ensiklopedia, dan ilmu-ilmu lainnya. Kurang lebih terdapat 8000 jilid kitab dengan 3600 judul yang dapat diakses secara gratis.

Kelebihan perpustakaan digital Islam dibandingkan perpustakaan lain tentu saja dari kemudahan dalam menggunakan setiap fitur yang disediakan. Karena menggunakan bahasa Indonesia, proses mencari kitab yang diinginkan menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu, kitab-kitab yang termuat dalam perpustakaan atau maktabah lain memiliki beberapa kekurangan misalnya seringkali teksnya kurang lengkap dari kitab aslinya, tidak bisa dijadikan rujukan sumber secara akademik, belum berbentuk pdf, mengaksesnya harus selalu menggunakan internet, serta tidak bisa disimpan/diunduh.

Perpustakaan Islam digital merangkum segala kekurangan yang ada dan memberikan terobosan baru untuk mempemudah urusan umat. Kitab-kitab yang termuat di dalamnya telah berbentuk pdf dan merupakan scan dari kitab aslinya. Kitab-kitab yang berbentuk file pdf tersebut juga dapat disimpan dan diunduh secara mudah, sehingga tidak selalu menggunakan jaringan internet. Kitab-kitab tersebut juga pastinya dapat dijadikan sebagai referensi dalam penelitian akademik.

Sumber: https://web.syekhnurjati.ac.id/perpustakaan/2022/08/22/perpustakaan-islam-digital-sebagai-salah-satu-alternatif-dalam-mencari-referensi-keislaman/
Lebih baru Lebih lama