Ribuan Santri dan Warga Kunjungi Artefak Peninggalan Nabi di Kajen Pati


Sejak dibukanya pameran artefak peninggalan nabi di desa Kajen Margoyoso Pati (21/7/2023), tempat pameran mulai ramai didatangi pengunjung untuk melihat langsung benda-benda bersejarah di zaman rasul. Dari informasi spanduk dan flyer yang beredar, pameran ini berlangsung kurang lebih 10 hari sejak 21 Juli 2023 sampe 30 Juli 2023 dengan waktu buka 09.00 - 20.00 WIB. Untuk lokasinya ada di dua titik yaitu di Madrasah Mathaliul Falah atau PIM Banat dan Madrasah Al Hikmah Putri. 

Ada puluhan barang-barang bersejarah yang ditampilkan mulai dari rambut sampai jejak kaki Nabi Muhammad Saw yang dapat mengingatkan kisah perjuangan dan masa kehidupan Rasulullah pada waktu itu. Jika dilihat kalender hijriyah, barang-barang tersebut tentu sudah berumur kurang lebih 1400 tahun.


Dari pantauan lapangan, cukup banyak masyarakat antusias mengunjungi pameran. Ada yang karena penasaran apakah barang-barang tersebut asli atau tidak, ada yang mencari kerbekahan (ngalap berkah) dari barang-barang nabi, ada pula para santri yang ingin membuktikan pelajaran yang selama ini dipelajari dari siroh nabi (sejarah) secara nyata. Dalam ruangan pameran, panitia membatasi maksimal 50 orang agar perputaran pengunjung tidak terlalu padat.

Menurut Yevith Tiana, Executive License Officer Galeri Warisan MAR untuk Indonesia pada saat pameran artefak di desa Kajen Margoyoso Pati menjelaskan bahwa artefak peninggalan Rasulullah yang dibawa timnya adalah benda-benda milik seorang Profesor Dr Abdul Manan Embong dari Malaysia daerah Trengganu. Ia merupakan seorang ahli etnologi dan arkeologi sekaligus kolektor artefak peninggalan Islam yang memiliki misi mensyiarkan kekayaan sejarah umat Islam di berbagai negara khususnya di Indonesia. Profesor Dr Abdul Manan Embong secara akademis adalah seorang peneliti sejarah Islam yang tekun di bidang koleksi benda bersejarah, terkhusus benda-benda artefak keislaman, barang-barang milik Rasulullah dan peninggalan zaman nabi.

Profesor Dr Abdul Manan Embong memiliki museum pribadi bernama Galeri Warisan MAR di Malaysia yang menyimpan ribuan artefak Rasulullah dan sahabat-sahabat Nabi. Ia giat melakukan pameran artefak Nabi di berbagai negara agar mendekatkan umat Islam secara lebih nyata melalui khazanah peninggalan Rasulullah SAW dan para sahabat.

Lebih baru Lebih lama