Kyai Kharismatik Abdul Hannan Kwagean Beri Ijazah Beberapa Kitab Hikmah


Salah satu ulama kharismatik di bumi nusantara adalah KH Abdul Hannan Ma'shum dari Kwagean Kediri Jawa Timur. KH. Abdul Hannan Maksum merupakan pengasuh Pondok Pesantren Fathul Ulum di Kwagean Pare Jawa Timur, yang menulis kitab Sullamu al-Futuhat. Kitab tersebut termasuk unik karena memua antologi wirid, doa dan suwuk terkait bagaimana menghadapi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dewasa ini.

Tidak lama ini, Kiai Hannan memberikan ijazah sanad sejumlah kitab salaf yang semua bercorak ilmu hikmah khususnya kitab karanganya sendiri Sullamu al-Futuhat, Minggu (/8/2023). Kitab-kitab yang diijazahkan meliputi Sullamu al-Futuhat, Silahul Muballighin, Ta'limul Mubtadi li Jam'iyatil Tarbiyatil Mubtadiin, Jawahirul Ma'any fi Manaqib al-Syaikh Abdil Qadir Aljilani, Jawahirun Saniyyah di As-Shalawat 'ala Khoiril Bariyyah, Dalaiul Khoirot ma'al Ahrab, Lujjainud Dani fi Manaqib al-Syaikh Abdil Qadir Aljilani, Al-Busyro fi Manaqibi As-Sayyidah Khadijah al-Kubra, Kanzun Najah was Surur dil Ad'iyah allati Tasyrahus Sudur, Abu Ma'syar al-Falaki al-Kabir, dan Qalbul Quran.

Kegiatan ijazahan ini diinisiasi oleh Ikatan Santri Pati di Pondok Kwagean (Iksantik) dalam rangka reuni alumni Pesantren Kwagean sekaligus menyelenggarakan event yang lebih memberikan manfaat dan edukasi tentang tradisi pesantren. 
Lebih baru Lebih lama