Mengenal Yi Niam Kajen, Aktivis Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat


Mediapati.com, PATI — Muhammad Niam Sutaman atau juga akrab disapa Yi Niam salah satu tokoh masyarakat dari desa Waturoyo Margoyoso Pati mantab untuk maju dan mengikuti kontestasi politik di Pemilu 2024 yaitu maju menjadi calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Pati.

Yi Niam yang berdarah asli Kajen ini maju mencalonkan diri dari daerah pemilihan (Dapil) Pati 2. Niam sudah lama aktif bergerak di berbagai kegiatan kemasyarakatan yang bersifat sosial atau profesional. Di lembaga sosial Niam aktif sebagai Ketua Lazisnu Pati yang saat ini berkembang cukup pesat seperti gerakan koin NU, layanan armada ambulan Lazisnu, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Sebelumnya Lazisnu Pati terkesan memiliki cerita kelam terkait keuangannya sehingga berdampak pada menurunnya kepercayaan masyarakat.

Niam juga aktif memberikan bantuan sosial kepada para penyandang disabilitas dan lansia yang tidak bisa jalan. Ia mendirikan lembaga sosial peduli difabel bernama Masudah Wakaf Foundation (MWF)  di tahun 2020 dan sampai sekarang aktif memberikan bantuan pinjaman kursi roda kepada orang-orang yang membutuhkan di wilayah Kabupaten Pati. Layanan pinjam kursi roda tersebut dapat diajukan secara online melalui situs www.kursirodagratis.org

Dari pengalaman profesionalnya, Niam pernah menjadi Kepala Sekolah SMK Cordova dan mengajar di Mahad Aly Maslakul Kajen Huda. Di desa Waturoyo, Niam juga membangun mushola untuk digunakan masyarakat sekitar dalam beribadah dan pengajian. Pesantren Madrasah Damai yang baru didirikan belum lama ini menjadi laboratorium kecil dalam membina dan edukasi masyarakat terkait banyak hal seperi penguatan agama, kewirausahaan, kegiatan sosial dan lain sebagainya.

Untuk diketahui daerah pemilihan (Dapil) Pati 2 terdiri dari Kecamatan margoyoso, Gunungwungkal, Tayu, Cluwak, Dukuhseti. Ini tentu bisa menjadi salah satu referensi bagi masyarakat dalam menentukan caleg-caleg pilihannya.

Lebih baru Lebih lama