Kyai Aniq Muhammadun Hadiri Halaqoh Ulama Pantura Dukung Pasangan Amin


Mediapati.com, Pati - Dukung-mendukung antar Kyai dan ulama di daerah Pantura dalam Pilpres 2024 semakin ramai dan beragam. Sebelumnya ada Kyai Zakki Abdillah Kajen yang secara terbuka mendukung pasangan Ganjar-Mahfud kemudian disusul Kyai Mujiburrochman Kajen yang mendukung pasangan Prabowo-Gibran. 

Kabar terbaru datang dari Sarang Rembang yang beredar ada kegiatan Halaqoh Kebangsaan Ulama-Kyai Pantura untuk mendukung pasangan Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar. Acara tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Ma'hadul Ulum Asy-Syar'iyah (PP MUS) Sarang, Rembang, Senin (25/12/2023). Pertemuan pengasuh pesantren dan kiai dari Pantura Jateng-Jatim ini bertajuk Halaqah Kebangsaan dan Ijma' Ulama Pantura untuk Perubahan Indonesia.

Hadir dalam forum tersebut, ulama harismatik dari Pakis Tayu Pati, Kyai Aniq Muhammadun yang merupakan Rois Syuriyah PC NU Pati sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ulum Pakis Tayu. Menurut kabar yang beredar, pertemuan itu dihadiri 500 pengasuh pesantren dan kiai dari berbagai daerah seperti Demak, Kudus, Pati, Jepara, Rembang, Tuban, dan Lamongan. Tampak hadir pula salah satu putra almarhum Mbah Moen, Kiai Haji Najieh Maimoen.

KH. Aniq Muhammadun merupakan salah satu ulama populer di Pati Jawa Tengah karena banyak hal. Selain terkenal kepakarannya dalam ilmu fikih dan bahasa Arab, Kyai Aniq merupakan putra dari Kyai Muhammadun Pondowan, ulama harismatik yang mendapat julukan "Sibawaih Kajen" dari Sayyid Muhammad Al-Makki. Selain itu aktivitas Kyai Aniq juga malang-melintang di berbagai kajian keilmuan di pesantren dan organisasi masyarakat.
Lebih baru Lebih lama