Durian di Pati Tidak Mengenal Musim



Mediapati.com - Durian biasanya terjadi pada musim atau bulan tertentu yaitu sekitar bulan Januari-Februari. Tetapi saat ini musim durian seperti tidak mengenal musim karena mudah ditemukan sepanjang waktu di Kabupaten Pati.

Jika kalian jalan-jalan melintasi arah Pati-Tayu sampai Jepara, maka akan sangat mudah menemukan penjual durian di tepi jalan. Harganya cukup bervariasi dari 15.000 sampai ratusan ribu. Di Pati kota sendiri sangat mudah menemukan pedagang durian baik dengan model terbuka di atas mobil pickup maupun menetap di sebuah toko seperti Keluarga Durian yang terletak di Pati Wetan dekat alun-alun Pati. Toko durian tersebut selalu menjual durian hampir sepanjang tahun dengan variasi menu durian yang bermacam-macam.

Di sebuah pasar di wilayah Pati Utara yang disebut pasar Ngablak juga ditemukan banyak pedagang durian. Bisa dikatakan di Pati, pasar Ngablak termasuk sentra durian yang cukup lengkap, baik durian lokal maupun jenis petruk dan montong. 

Banyaknya pedagang durian di wilayah Pati ini menjadikan harganya cukup kompetitif sehingga memudahkan pelanggan untuk memilih. Asyiknya lagi, pedagang durian selalu dapat ditemukan di Pati layaknya tidak mengenal musim. 

Memang di beberapa wilayah di Pati terkenal sebagai produsen durian seperti Gunungwungkal, Cluwak dan Gembong. Tetapi para pedagang durian tidak lantas menggantungkan bisnis durian mereka dari stok lokal melainkan juga dari stok luar Pati.
Lebih baru Lebih lama