Mengenal Komunitas Anak Pati; Orda dan Forda



Mediapati.com - Ahad (22/1/2023) Forum Silaturahim Mahasiswa Silahul Ulum atau yang dikenal Forsimasu kembali mengadakan Expo Campus dengan mengusung tema "Langitkan Asamu Bumikan Aksimu". Dalam acara ini Orda dan Forda Pati turut  serta memeriahkannya dengan mengisi stand yang telah disediakan.

Orda Pati (Organisasi Daerah Pati) merupakan komunitas orang Pati yang sedang kuliah di luar daerah seperti mahasiswa Pati di kampus Unissula, UIN Walisongo, Unwahas dan kampus-kampus lainnya yang ada di daerah Semarang. Mereka membentuk suatu komunitas yang dinamakan Orda Pati. 

Dengan adanya Orda, para mahasiswa asal Pati yang kuliah di Semarang dapat saling berbagi dan bertukar informasi sekaligus mengurangi rasa kangen terhadap kampung halamannya dengan mengadakan Makrab (Malam keakraban). Selain itu mereka saling membantu mengisi stand Expo Kampus yang diadakan di Instansi-instansi Pendidikan sekitar Pati, seperti yang dilakukan oleh Orda Pati dari kampus Unissula yang ikut serta dalam Acara Expo Kampus di MA Silahul Ulum Asempapan, Trangkil Pati.  

Selain Orda juga ada komunitas mahasiswa dari Pati bernama Forda yaitu cah Pati yang kuliah di Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Kudus, Demak dan lainnya bergabung membentuk komunitas yang disebut Forda. Kegiatan yang dilakukan Forda hampit mirip dengan Orda. Yang membedakan adalah Orda merupakan komunitas anak Pati yang kuliah di suatu wilayah, sedangkan Forda adalah komunitas anak Pati yang kuliah dari berbagai wilayah lebih luas. Singkatnya Forda adalah bentuk jamak dari Orda

Lantas apakah mahasiswa-mahasiswa yang berkuliah di daerah Pati tidak ada Komunitasnya?, "Belum ada Orda di daerah Pati, untuk membuat harus ada inisiatif" ujar Ova, Mahasiswa Teknik Sipil Unissula yang menjabat sebagai Ketua Umum Orda PASSA.

Kontributor: Nela Rikza Oktaviani


Lebih baru Lebih lama