Mengenal Madrasah Prima Kajen Pati


Perguruaan Islam Al-Hikmah (PRIMA) merupakan salah satu lembaga madrasah yang terletak di desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Madrasa ini didirikan oleh KH. Moh. Ma'mun Muzayyin bin Abdul Hadi pada 1989. Pada awal berdirinya hanya memiliki Madrasah Diniyyah (MADINAH) kemudian berkembang dengan mendirikan Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) pada 1993, kemudian disusul Madrasah Ibtidaiyyah (MI) pada 1995.

Sejarah berdirinya madrasah ini lahir dari pengembangan sistem pendidikan bandongan/sorogan Pondok Pesantren Majelis Ta’lim Al-Hikmah (PERMATA) yang sudah lebih dulu lahir pada 1979. Dengan ketokohan dan kharismatik KH. Moh. Ma’mun Muzayyin, sehingga dalam waktu yang relatif cepat, Madrasah beserta Pesantren PERMATA Putra/Putri terwujud untuk mengemban amanat dari para Wali Santri dan Wali Murid.

Perkembangannya pun begitu pesat, pada awal berdirinya (1993/1994), Perguruan Islam Al-Hikmah memiliki siswa sebanyak 105 siswa, 55 (pa) dan 50 (pi). Dalam perjalanannya, Perguruan Islam Al-Hikmah berstatus TERDAFTAR. Dengan berbagai pertimbangan prestasi akademiknya, maka pada 5 Desember 1995, mengajukan akreditasi dan Alhamdulillah lolos dengan status DIAKUI.
{nextPage}
Tidak cukup sampai di sini, setelah mendapat status DIAKUI, lima tahun berikutnya, dengan memacu dan mengoptimalkan semua komponen dan potensi yang dimiliki, pada 22 Juni 2000 Madrasah ini berstatus DISAMAKAN, dan pada 27 Juni 2005 sebagai TERAKREDITASI dengan peringkat B ( Baik ). Selain terakreditasi, Prima juga berprestasi dalam EBTANAS/UAN dengan kelulusan 100 persen. Bahkan pada 1995/1996, dapat rangking 1 dari 10 besar se KKMA Pati Utara.

Prestasi lainnya, siswa Prima menjuarai MTQ pelajar tingkat Kabupaten dan dua kali menjuarai MTQ pelajar tingkat Propinsi se Jawa Tengah kategori terbaik 1 (satu), yang diwakili Moh. Dzulqornain Kelas III MA pada 1999/2000 dan Moh. Aniq Khoirul Basyar Kelas III MA pada 2003/ 2004.

Perguruan Islam Al Hikmah (PRIMA) Kajen bernaung dalam satu Yayasan dengan Pesantren Majlis Ta'lim Al-Jimah (PERMATA) yaitu Yayasan Al Hikmah yang diasuh KH, Moh, Ma'mun Muzayyin. Pada 1996, memiliki Koperasi bernama Kopontren PERMATA MITRA SEJAHTERA, yaitu sebuah lembaga keuangan yang berbadan hukum. Koperasi ini merupakan wahana untuk mensejahterakan Guru dan Karyawan MA Al-Hikmah .

Disarikan dari http://www.alhikmahkajen.sch.id/2021/03/profil-ma-al-hikmah-kajen.html



Lebih baru Lebih lama