Santri Pondok Kajen Dibekali Cara Mengelola Website Secara Profesional


Website sekarang ini sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam perkembangan teknologi digital. Dulu fungsi website sebatas pemberi informasi dan berita, sekarang fungsinya dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan. Website dapat dipakai sebagai platform atau aplikasi tertentu sesuai keinginan pemilik atau perusahaan yang membangunnya.

Demikian sedikit paparan yang disampaikan Isyrokh Fuaidi, CEO Startup Delivery Esgo yang sealigus Ketua Yayasan Nurul Ilmi Al Muashir Kajen, dalam kegiatan training tata kelola website kepada santri Pesantren Maslakul Huda, Jumat (6/1/2023). Acara diikuti oleh para mahasiswa santri pengelola website Ma'had Aly Pesantren Maslakul Huda.

Setidaknya ada tiga komponen penting yang harus diupayakan untuk mengelola website meliputi insfrastruktur IT terkait pembangunan website, kemudian media atau konten yang akan disajikan, dan terakhir terkait sumber daya manusia yang mengelola.

Isyrokh menyampaikan teknik-teknik mengelola website dengan baik dan aman, baik dari dalam (backend) maupun luarnya (frontend). Selain desain dan tampilan website yang harus menarik pembaca, konten juga harus diperhatikan oleh pengelola website karena membutuhkan konsistensi dan keberlanjutan. Jadi percuma memiliki website yang bagus tapi isinya tidak diperbaharui dan memberikan informasi secara berkala.
Lebih baru Lebih lama