Merawat Tradisi dan Kearifan Lokal Ala Gus Umar


Gus Umar dari Kajen Pati populer di mata santri-santrinya sebagai sosok yang cerdas dan alim dalam ilmu agama bahkan spiritual. Ternyata tidak hanya itu, Gus Umar termasuk sosok yang peduli dengan perkembangan budaya lokal. Salah satu kegiatan kebudayaan yang sering dihadiri atau pertunjukan yang menyelingi majlis ngajinya adalah grup seni Ki Ageng Qithmir Pati. Pertujunjukan Ki Ageng Qithmir ini sudah sering tampil di beberapa tempat di Indoensia bahkan ke luar negeri seperti di Australia.

Penampilan Gus Umar juga sering nampak nyentrik dengan mengenakan blangkon di kepalanya, meski dalam banyak majlis pengajiannya sering pula memakai peci atau songkok sebagai tradisi santri Indonesia.

Di desa Tanjungrejo Margoyoso Pati, terdapat pula jamaah majlis yang diasuh Gus Umar yang membuat komunitas musik gamelan Gus Umar dalam kegiatan dakwah tampak mengikuti model dakwah walisongo yang cenderung akomodatif dengan kebudayaan lokal dimana waktu era walisongo masyaraakat memiliki seni hiburan wayang.

Lebih baru Lebih lama