Unik, Ada Majlis Ngaji Tani Semesta di Jepat Lor Tayu


Ngaji agama di masyarakat umum biasanya isinya adalah pendalaman materi keagamaan seperti tentang shalat, puasa, haji, dan materi-materi lain yang sifatnya ritual. Tetapi di desa Jepat Lor Kecamatan Tayu Kabupaten Pati terdapat majlis pengajian bernama "Halaqah Ngaji Tani Semesta". yang isinya tidak hanya materi agama tetapi dikaitkan dengan kegiatan pertanian. Perngajian sudah berjalan sejak tahun 2018 yang diselenggarakan setiap Selasa Pahing malam Rabu Pon.

Pengajian yang diasuh oleh KH Umar Fayumi ini membahas tentang ngaji urip atau tentang isu-isu kehidupan yang dihadapi masyarakat khususnya dalam bidang pertanian. Dalam pengajiannya, Kyai yang akrab dipanggil Gus Umar tersebut memberikan kajian partisipatif kepada para jamaah untuk memperdalam materi pertanian yang erat dengan ajaran spiritual. Beberapa hal yang menjadi kajiannya adalah sbb:
  • Keselarasan antara diri petani dan alam
  • Keterkaitan unsur diri manusia dengan unsur-unsur pertanian
  • Nilai dan spirit pertanian dalam Al Qur'an
  • Bagaimana seharusnya petani memperlakukan unsur tanah, air, udara, dan gas serta tanaman sebagai sesama makhluk Allah yang saling bekerja sama
Sebagian jamaah pun sudah mencoba mempraktekkan hasil kajian tersebut dalam kegiatan pertaniannya. Pengajian tersebut terselenggara secara rutin sejak tahun 2028 tetapi mengalami kevakuman pada waktu terjadi covid-19 di tahun 2020.
Lebih baru Lebih lama