JMQH Pusat Go Internasional; Pati Mulai Dikenal Sebagai Kota Para Hafizhat?

Sumber: Dokumen Pribadi

Mediapati.com - Organisasi Jam'iyyah Mudarrasatil  Qur'an Lil Hafizhat (JMQH) yang semula hanya di Kabupaten Pati, sekarang mulai merambah ke kancah Internasional, Malaysia.  JMQH Pusat secara resmi mendeklarasikan terbentuknya JMQH Malaysia pada Kamis, 26 Rabiul Awal 1445H/ 12 Oktober 2023.

Perkembangan dan kemajuan JMQH memberikan kontribusi besar dalam membumikan nama Pati di Nusantra bahkan hingga ke Negri Jiran. Peran mereka akan membantu kota Pati dikenal sebagai kotanya para Hafizhat.

Pengurus JMQH Pusat dalam acara itu memakai bahasa Indonesia tanpa penerjemah, bahkan juga sedikit memakai bahasa jawa Krama Inggil khas santri. Kendati demikian hafidzat JMQH Malaysia paham apa yang disampaikan. Selain itu, JMQH Pusat juga mengajak sharing bahasa dan budaya Indonesia-Malaysia dengan JMQH Malaysia.

"Sebelum Kami meneruskan apa yang kami sampaikan, Kami memakai bahasa Indonesia asli, originil. Perlukah dari Panjenengan untuk menjadi translate bahasa?" tanya bu Nyai Ida, ketua 1 JMQH Pusat dengan disertai senyuman ramah.




Lebih baru Lebih lama