Sambut Mahasiswa Baru, IPMAFA Pati Gelar Stadium Generale Bertema Society 5.0

 


Margoyoso, Pati - Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) Pati Jawa Tengah menggelar Stadium General (SG) Mahasiswa Baru angkatan 2023. Kegiatan yang berlangsung di Aula 2 ini bertajuk "Reinventing Nilai Pesantren sebagai Basis Nilai Society 5.0", Rabu (4/10/2023). Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa baru tahun 2023 ini dihadiri oleh Rektor IPMAFA, KH Abdul Ghoffarrozin MEd, para dosen, karyawan serta seluruh mahasiswa baru.

Rektor yang akrab disapa Gus Rozin itu mengatakan bahwa perkembangan teknologi AI memiliki sistem dan algoritma yang canggih. Tetapi kekuatan di pesantren tidak terletak hanya pada sistem tersebut. Pesantren memiliki nilai dan hati yang tidak dimiliki oleh AI dimana AI mengandalkan kecerdasan di otak tetapi pesantren lebih menekankan kecerdasan hati, kebijaksanaan, akhlak, wise thinking, dst.

Maka para santri tidak perlu terlalu khawatir dengan perkembangan itu. Maka tema dalam SG "Reinventing nilai-nilai pesantren di era society 5.0" menjadi penting bagi kita semua untuk melihat apa yang akan terjadi pada komunitas pesantren dan perguruan tinggi pesantren. Oleh sebab itu para santri dan mahasiswa Ipmafa harus memiliki basis dan nilai yang kuat selama kuliah dan belajar di kampus IPMAFA.

Kemudian dalam orasi SG ini menghadirkan Ali Formen SPd, MEd PhD, yang merupakan Ketua Prodi PIAUD UNNES. "Di era 5.0 masyarakat itu berpusat pada manusia yang berintegrasi antara ruang maya dan nyata. Dengan eksistensi nilai pesantren tentu dapat menanggulangi dampak negatif dari teknologi seperti matinya kemanusiaan, potensi kesendirian yang semakin tinggi, dan lainnya", ungkap Ali Formen. 

"Selamat kepada seluruh mahasiswa baru, saya yakin sahabat-sahabat semua mampu menjadi sarjana yang kaya akan nilai pesantren dan warisan Pesantren. Santri tentu dapat menavigasikan diri agar sukses dalam pengetahuan yang memandu kita menggapai dunia juga akhirat", imbuhnya. 

Mahya, salah seorang mahasiswi PIAUD Ipmafa mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. 

"Banyak pelajaran yang didapat seperti bagaimana teknologi sangat berpengaruh terhadap perubahan santri di era society 5.0", sehingga lebih paham menerapan nilai pesantren pada era Society 5.0," ungkapnya. 

Kegiatan ini di tutup foto bersama dengan civitas akademika IPMAFA Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) Pati Jawa Tengah (Irfan dan Nella).

Lebih baru Lebih lama