Mengenal Kiai Abdullah Zabidi Kembang



Mediapati.com, Pati -  Sosok KH Abdullah Zabidi sangat di kenal di kalangan masyarakat Kecamatan Dukuhseti Pati, khususnya di Desa Kembang. Beliau adalah putra ke empat dari KH Hasbullah dengan istri pertamanya Hj. Maemunah Mathori.

Di masa hidupnya KH Abdullah Zabidi mengabdikan dirinya untuk berdakwah menyebarkan agama Islam di sekitar wilayah Kecamatan Dukuhseti Pati. Metode dakwah yang dipakai adalah dengan mengisi majlis taklim atau pengajian umum . Disamping itu beliau juga mengabdikan dirinya di Pondok Pesantren dan Madrasah serta Masjid yang didirikan oleh ayahnya

Kiai Abdullah juga aktif dalam menulis kitab, membuat syair-syair yang biasa disampaikan sewaktu mengisi pengajian. Beberapa kitab karangan beliau adalah, Ats Tsimarul Janiyyah fii Tarjamah Matan Al Jurumiyyah, Bada’iul Hikayat dan Syi’ir Bahasa Arab (Roksun Sirah) yang diterbitkan oleh Penerbit “AL MUNAWAR” Semarang.
Kitab Ats Tsimarul Janiyyah fii Tarjamah Matan Al Jurumiyyah


Khusus untuk Syi’ir Bahasa Arab ini sampai sekarang masih dipergunakan di sekolah - sekolah agama. Bahkan menurut salah satu cucu beliau, kitab ini masih dipergunakan di salah satu pondok pesantren di Jawa Timur.

KH Abdullah Zabidi wafat pada hari Selasa tanggal 6 Maret 2012 M bertepatan dengan tanggal 13 Rabiul Akhir 1433 H. Namun beliau masih dikenang oleh santri-santrinya yang sekarang sudah banyak menyebar ke luar Jawa.

Semoga ilmu yang di sampaikan dan karya-karya beliau menjadi amal jariyah yang abadi di Sisi Allah SWT. Aamiin.


Lebih baru Lebih lama