Mundur Dari Ketua Lazisnu Pati, Yi Niam Kajen Tuai Apresiasi


Mediapati.com, Pati - Muhammad Niam Sutaman atau akrab disapa Yi Niam resmi mengundurkan dari dari jabatan Ketua Ketua Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PCNU Pati karena mencalonkan diri sebagai Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Pati nomor urut 4 pada Dapil 2 Partai Persatuan Pembangunan (Caleg PPP) di Pemilu 2024. Pengunduran diri tersebut disampaikan secara tertulis kepada Ketua PCNU Kabupaten Pati, KH Yusuf Hasyim, Kamis (16/11/2023). 

Langkah tersebut tentu mendapat respon positif dari berbagai kalangan khususnya dari struktur kelembagaan NU Pati sendiri. Yusuf Hasyim mengapresiasi sikap Yi Niam yang mengundurkan diri secara resmi. Menurutnya Yi Niam menjadi sosok yang taat dengan aturan PBNU dan telah memberikan contoh langsung kepada masyarakat dalam hal berpolitik praktis.

Sementara salah satu aktivis pemberdayaan masyarakat sekaligus tokoh pemuda dari desa Kajen, Isyrokh Fuaidi, melihat bahwa sikap politisi seperti Kyai Niam perlu ditiru mengingat ia sudah memberikan contoh yang baik dalam berpolitik, artinya dia sebagai pejabat NU tidak ingin memanfaatkan jabatan strukturalnya sebagai kendaraan politik.

Yi Niam memang cukup populer di kalangan warga dan organisasi NU di Kabupaten Pati karena menjabat sebagai Ketua Lazisnu Pati dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial keagamaan di tengah masyarakat. Sebagai santri dan berdarah asli Kajen, Niam sering memberikan statemen terkait sikap politiknya yaitu berupaya mengikuti gurunya yaitu KH Sahal Mahfudz dan KH Maemun Zubair dalam berpolitik.
Lebih baru Lebih lama