Bagi Kamu Yang Ingin Kuliah di Pati, Daftar Perguruan Tinggi Ini Pilihannya


Jika kamu adalah calon mahasiswa yang tinggal di Pati Jawa Tengah, tidak usah bingung memilih kampus karena banyak pilihannya. Berikut ini daftar kampus, baik kampus negeri dan swasta, lengkap dengan jurusannya:

  1. Institut Pesantren Mathali’ul Falah – IPMAFA Pati
  2. Sekolah Tinggi Agama Islam Pati (STAIP)
  3. Universitas Terbuka (UT) Pati
  4. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) AKI Pati
  5. Sekolah Tinggi Agama Kristen Wiyata Kencana (STAKWW) Pati
  6. Akademi Kebidanan (Akbid) Duta Dharma Pati
  7. Akademi Kebidanan (Akbid) Bakti Utama Pati
  8. Akademi Pertanian Pragola Pati
  9. STAI Syeh Jangkung
  10. Akademi Perawat (Akper) Pragola Pati
  11. Universitas Safin Pati
  12. Sekolah Tinggi Teknik Pati
Institut Pesantren Mathali’ul Falah – IPMAFA Pati - Kunjungi Website
Ipmafa Pati Berdiri pada tahun 2008, sebelumnya IPMAFA Pati memiliki nama Sekolah Tinggi Agama Islam Mathali’ul Falah (STAIMAFA). Kampus yang beralamat di Jalan Raya Pati – Tayu Km 20, Kedung, Purworejo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini telah diberi akreditasi Baik oleh BAN PT.

Ada tujuh jurusan yang tersedia di IPMAFA Pati yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD, pengembangan masyarakat Islam (PMI), Perbankan Syariah (PS), dan Manajemen Zakat dan Wakaf (ZAWA). Semuanya merupakan jenjang pendidikan perguruan tinggi untuk strata S1. Pada tahun 2023, Ipmafa akan sedang membuka program pasca sarjana (S2) untuk jurusan Bahasa Arab. 

Sekolah Tinggi Agama Islam Pati (STAIP) - Kunjungi Website
Selain Ipmafa, ada kampus keilmuan agama Islam yang melengkapi daftar kampus di Pati negeri dan swasta ini yaitu STAIP atau Sekolah Tinggi Agama Islam Pati. Berlokasi di Jalan Kampus Raya No 5, Sawah, Dadirejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini telah berdiri sejak tahun 2000. 

Program studi yang tersedia di STAI Pati adalah Ahwal Al-syakhsiyah, pendidikan agama islam, dan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Ketiganya merupakan program studi untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi S1 atau sarjana.

Universitas Terbuka (UT) Pati  - Kunjungi Website
UT merupakan perguruan tinggi negeri pertama yang mengimplementasikan sistem belajar jarak jauh. UT berdiri sejak tahun 1984 dan di Pati beralamat di Perumahan Sukoharjo Indah, Jalan Indrakila No 34, 36, Dukuh Godog, Desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati.

Jurusan yang ada di UT meliputi pendidikan matematika, keguruan dan pendidikan, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan bahasa indonesia, pendidikan bahasa inggris, teknologi pendidikan, pendidikan anak usia dini, akuntansi, manajemen, ekonomi syariah, pariwisata, ekonomi pembangunan.

Selanjutnya, sosiologi, ilmu administrasi, ilmu hukum ilmu komunikasi, ilmu pemerintahan, ilmu perpustakaan, sastra inggris, administrasi bisnis, administrasi negara, perpajakan, kearsipan, perencanaan wilayah dan kota, matematika, statistika, biologi, agribisnis, ilmu dan teknologi pangan, teknik lingkungan, dan sistem informasi.

Selain itu, UT juga menyelenggarakan pendidikan perguruan tinggi jenjang S2 untuk jurusan perikanan, manajemen, pendidikan matematika, keguruan dan pendidikan, pendidikan bahasa inggris, administrasi negara, dan pendidikan guru sekolah dasar.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) AKI Pati - Kunjungi Website
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) AKI Pati menjadi kampus swasta pertama dalam daftar kampus di Pati negeri dan swasta ini.

Kampus yang beralamat di Jalan Kamandowo No 13, Pati Kidul, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini saat ini telah memiliki akreditasi C dari BAN PT.

Program studi yang tersedia di STIMIK AKI Pati adalah sistem informasi dan teknik informatika untuk jenjang S1-nya. Selain itu, ada juga program studi jenjang D3 yaitu komputerisasi akuntansi dan manajemen informatika. Masing-masing prodi baik S1 maupun D3 sudah terakreditasi C.

Sekolah Tinggi Agama Kristen Wiyata Kencana (STAKWW) Pati - Kunjungi Website
Selain ada kampus yang fokus pada keilmuan agama Islam, di Pati juga ada kampus perguruan tinggi untuk yang ingin belajar agama Kristen yaitu Sekolah Tinggi Agama Kristen Wiyata Kencana. Sering disingkat STAKWW Pati, kampus ini telah berdiri sejak tahun 1965.

Kampus yang beralamat di Jalan P Diponegoro, Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini tak mencantumkan status akreditasi di situs resminya.

Jurusan yang tersedia adalah teologi kependetaan dan pendidikan agama kristen. Keduanya merupakan jenjang pendidikan perguruan tinggi S1 atau sarjana.

Akademi Kebidanan (Akbid) Duta Dharma Pati
Kampus untuk konsentrasi profesi bidan juga hadir di Pati. Akademi Kebidanan atau Akbid Duta Dharma Pati yang berlokasi di Jalan Raya Pati Kudus Km 6, Gintungan, Sukokulon, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah bisa menjadi pilihan untuk para calon bidan masa depan. Meski telah berdiri sejak tahun 2005, laman Dikti tidak menampilkan akreditasi apapun dari kampus ini.

Jurusan yang tersedia di Akbid Duta Dharma Pati hanya satu yaitu jenjang D3 Kebidanan. Jurusan ini pun telah mengantongi akreditasi B.

Akademi Kebidanan (Akbid) Bakti Utama Pati - Kunjungi Website
Selain Akbid Duta Dharma ada juga Akbid lain yaitu Bakti Utama. Beralamat di Jalan Ki Ageng Selo No 15, Blaru, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kampus ini juga telah berdiri sejak tahun 2005. Hingga saat ini, Akbid Bakti Utama Pati telah memiliki akreditasi B dari BAN PT.

Program studi yang tersedia di Akbid Bakti Utama Pati adalah kebidanan. Jenjang pendidikannya adalah D3.

Akademi Pertanian Pragola Pati
Untuk para anak muda yang antusias dengan dunia pertanian, ada kampus dalam daftar kampus di Pati negeri dan swasta ini yang cocok yaitu Akademi Pertanian Pragola Pati. Beralamat di Jalan Gembong Rendole No 1, Rendole Indah, Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kampus ini telah berdiri sejak tahun 1992. 

Jurusan yang tersedia di Akademi Pertanian Pragola Pati adalah agrobisnis pertanian, dan nutrisi dan makanan ternak. Keduanya merupakan program studi jenjang D3.

STAI Syeh Jangkung ( Kunjungi Website )
Selanjutnya ada lagi kampus keilmuan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Jangkung. Beralamat di Gg Tempel, Karang Mulyo, Trimulyo, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kampus ini telah berdiri sejak tahun 2016. 

Program studi yang tersedia adalah Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Ketiganya menawarkan jenjang pendidikan perguruan tinggi S1 atau sarjana.

Berdasarkan hasil akreditasi BAN-PT, STAI Syekh Jangkung mendapatkan predikat akreditasi BAN-PT dengan peringkat “BAIK” berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 1991/SK/BAN-PT/Ak/PT/XII/2022.

Akademi Perawat (Akper) Pragola Pati
Akademi Perawat Pragolo Pati menutup daftar kampus di Pati negeri dan swasta ini. Beralamat di Jalan Raya Banyuurip No 26 A Margorejo Pati, Kabupaten Pati, kampus ini hanya memiliki dua jurusan jenjang D3 yaitu keperawatan dan teknik elektro medik.

Universitas Safin Pati
Universitas Safin (USP) merupakan gabungan dari tiga perguruan tinggi yang sudah ada di Pati. Hal ini sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Pendidikan yang tidak lagi mengeluarkan izin untuk mendirikan universitas baru, namun jika penggabungan dari yang sudah ada maka diperbolehkan. USP beralamat di Raya Pati - Tayu No.Km 13, Ketanen, Kec. Trangkil, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59153

Ketiga perguruan tinggi yang dibagung yakni Sekolah Tinggi yakni STIMIK Triguna Utama (Fakultas Ilmu Komputer), STIKES Duta Gama (Fakultas Ilmu Kesehatan) dan STIA ASMI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), serta ditambahkan satu fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Berbagai pilihan program studi ditawarkan oleh USP. Total ada 11 program studi yang disiapkan untuk menuju peguruan tinggi, sehingga calon mahasiswa memiliki banyak pilihan. Ke-11 program studi yang ditawarkan di antaranya Sistem Informasi (S1), Teknik Informatika (S1), Administrasi Negara (S1), Administrasi Niaga (S1), Manajemen (S1), Ilmu Keperawatan (S1), Farmasi (D3), Kebidanan (D3), Ners (Profesi), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) dan Pendidikan Olah Raga (S1).

Sekolah Tinggi Teknik Pati - Kunjungi Website
Sekolah Tinggi Teknik Pati (STTP) berdiri sejak Maret 2018, Sekolah Tinggi Teknik Pati membuka dua Jurusan yaitu Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Informatika untuk Program S-1. STTP beralamat di Kinyan, Ngepungrojo, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Penutup
Itulah pilihan-pilihan perguruan tinggi di Kabupaten Pati. Pilihannya cukup lengkap mulai dari universitas, akademi, hingga sekolah tinggi. Pilihlah satu yang kamu minati dan tersedia jurusannya. Jangan sampai salah jurusan karena ikut-ikutan teman, ya. Semoga artikel ini menambah wawasan dan memberikan pencerahan untuk memilih kampus di Pati, ya!
Lebih baru Lebih lama