Mengenal Pasar Perkaulan Desa Gerit

 


Pasar tradisional pekaulan yang ada di Dukuh Toyong, Desa Perut, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati merupakan pasar yang terkenal sebagai tempat wasilah orang-orang. Konon katanya, tempat tersebut merupakan petilasan dari waliyullah yaitu Simbah Duni  yang makamnya terletak di Desa Tayu Wetan. 

Tempat tersebut dipercayai oleh masyarakat sekitar apabila memiliki penyakit dan dibawa ke tempat ini untuk memohon ke sembuhann dengan perantara Mbah Duni sebagai waliyullah maka, kemungkinan besar akan sembuh atas izin allah. 

Ada persyaratan khusus yang harus dilakukan oleh pengunjung yaitu harus membeli bunga setaman atau kembang mayang terlebih dahulu dan mengisi uang kas, setelah itu diperbolehkan masuk di area petilasan Mbah Duni. Selanjutnya pengunjung akan dibimbing langsung oleh pawangnya untuk meminta kesembuhan kepada allah dengan berwasilah terhadap Mbah Duni. 

Ada jajanan khusus yang ada di pasar pekaulan ini, yaitu kue kucur dan es dawet. Meskipun ada jajanan lain, tetapi kedua jajanan tersebut menjadi jajanan khas pasar pekaulan di Desa Gerit. Bahkan, di saat akan berziarah ke area petilasan Mbah Duni sang pawang akan menanyai akan membeli jajanan dawet atau kucur untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari pasar Pekaulan yang ada di Dukuh Toyong, Gerit, Tayu




Kontributor : Lina Lutfiana


Lebih baru Lebih lama