Museum Mbah Mutamakkin Kajen Simpan Peninggalan Bersejarah


Di Kabupaten Pati tepatnya di desa Kajen Kecamatan Margoyoso terdapat sebuah museum yaitu Museum Mbah Mutamakkin. Museum ini baru diresmikan beberapa bulan yang lalu, yakni tahun 2022 yang bertepatan dengan Haul Mbah Mutamakkin 9 Muharram. Meski secara bangunan tidak cukup luas, tetapi di dalamnya terdapat sejumlah peninggalan bersejarah mengenai perjalanan seorang waliyullah di Pati yakni Syeikh Ahmad Mutamakkin Kajen.

Lokasi museum cukup mudah yaitu berada di gedung sebelah Masjid Jami’ Kajen lantai dua. Museum yang berisi peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut menampilkan sebuah miniatur yang ada di dalam etalase. Miniatur tersebut memperlihatkan Masjid Kajen tempo dulu yang sangat klasik. Foto-foto Kajen tempo dulu juga ditemukan dalam museum. Beberapa miniatur lain dipamerkan seperti mustaka, miniatur masjid jaman dahulu, gandhong, dan tatakan lampu. Terdapat pula beberapa kitab yang disimpan meskipun kitab tersebut tidak aslinya, namun itu merupakan salinan manuskrip peninggalan dari Mbah Mutamakkin.

Adanya museum di Kajen diharapkan dapat menjadi rujukan dan wahana edukasi perkembangan sejarah Islam di wilayah Kabupaten Pati dan juga menjadi wawasan tentang perjalanan sosok Mbah Mutamakkin. Walaupun Museum itu baru beberapa bulan dibuka, namun museum itu telah banyak dikunjungi para pelajar dari TK hingga Mahasiswa. Museum ini dibuka setiap harinya namun untuk berkunjung di museum tersebut harus menghubungi pengurus terlebih dahulu.

Kontributor: Afifatun Nadhiyah
Lebih baru Lebih lama