Tips Sehat Ala Eyang Jupri, Mahasiswa UIN Walisongo Yang Berusia 75 Tahun

 

Salah satu sosok nyentrik di dunia pendidikan khususnya di kampus UIN Walisongo Semarang adalah Jupri Bandang, seorang yang sudah cukup usia lajut yakni 75 tahun tetapi masih memiliki semangat tinggi dalam mencari ilmu pengetahuan. Sahabat-sahabatnya akrab memanggilnya Eyang Jupri atau Mbah Jupri karena memang usiaya di atas teman-teman sekelasnya, dan bahkan dosen yang mengajarnya. Selama perkuliahan, Mbah Jupri selalu menunjukkan aura semangat dari gestur wajahnya. Bahkan dalam aktivitas sehari-hari, Mbah Jupri masih tampak segar dan enerjik seperti mengendarai mobil sendiri, naik-turun tangga kampus, dan beraktivitas santai bersama teman-teman. 

Uniknya lagi, Mbah Jupri masih dikaruniai kesehatan yang luar biasa. Saat ditanya terkait bagaimana tips menjaga kesehatan dari muda sampai sekarang, Mbah Jupri memberi jawaban sederhana yaitu pertama, orang harus memiliki batin yang baik. Spiritualitas yang baik akan mempengaruhi mentalitas dan itu berpengaruh pada kesehatan fisik seseorang. Kondisi tersebut dinamakan hubungan psikosomatis.

Tips kedua adalah fisik kita harus dilatuh secara konsisten atau istiqomah, bisa dengan olah raga sesuai kemampuan masing-masing. Kekuatan fisik yang dimiliki seseorang jika tidak dimanfaatkan makan otomatis akan diambil oleh yang memberinya. Dengan berolahraga, maka kita sudah menggunakan kekuatan dan potensi fisik yang kita miliki. 

Lebih baru Lebih lama